Home » , » Bahan dan Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas di Air Keruh

Bahan dan Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas di Air Keruh


Memancing bukanlah hal yang mudah, selain membutuhkan kesabaran yang tinggi, pemahaman terhadap kondisi air juga perlu diperhatikan. Umpan mancing ikan mas di air keruh berbeda dengan umpan yang digunakan pada air yang bersih.

umpan mancing ikan mas di air keruh

Bahan Umpan Mancing Ikan Mas di Air Keruh
Ada banyak bahan dasar umpan yang dapat digunakan untuk membuat  umpan mancing ikan mas di air keruh, akan tetapi pada artikel ini akan dijelaskan pemanfaatan bahan-bahan seperti keju, tepung beras, tepung beras ketan, santan, susu sachet, hingga kroto. Keju yang dibutuhkan sedikit saja, cukup satu potong. 8 sendok makan tepung beras, 8 sendok tepung beras ketan, 1 buah santan cair kara, susu sachet 3 bungkus, satu bungkus essen tengiri, serta kroto sebanyak 4 ons.

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas di Air Keruh
Campurkan satu potong keju, tepung beras, tepung beras ketan, susu sachet, serta essen dalam satu wadah. Aduk adonan secara perlahan hingga rata menggunakan tangan, hancurkan keju hingga halus. Sembari diaduk, tambahkan santan sedikit demi sedikit agar tekstur adonan tidak terlalu kental maupun terlalu encer. Apabila adonan terlalu encer maka adonan akan sulit dibentuk. Adonan yang sudah jadi itu selanjutnya dibungkus pada plastik dan ditali dengan kencang. Rebus adonan yang sudah jadi itu di dalam panci, diamkan sampai air mendidih, sepuluh menit kemudian angkat adonan dalam plastik tersebut. Tiriskan dalam beberapa saat dan buka plastik pembungkusnya. Diamkan adonan sampai tidak panas lagi sebelum dibentuk. Satu hal yang perlu diingat bahwa adonan yang telah jadi ini sangat lengket, sehingga apabila ingin membentuk umpan dapat terlebih dahulu membasahi tangan dengan air. Demikian cara membuat umpan mancing ikan mas di air keruh yang dapat anda jadikan pedoman.