Home » , » Umpan Ikan Mas Musim Hujan Yang Mampu Menarik Ikan

Umpan Ikan Mas Musim Hujan Yang Mampu Menarik Ikan


Pemahaman yang baik terhadap kondisi cuaca adalah salah satu faktor penting dalam memancing ikan mas. Umpan ikan mas musim hujan harus dibedakan dengan umpan yang digunakan pada musim kemarau. Pada musim hujan, arus air lebih deras sedangkan pada saat kemarau aus air cenderung lebih diam. Jadi, pada saat musim hujan, buatlah umpan yang memiliki tekstur kekentalan yang padat.

umpan ikan mas musim hujan

Bahan Umpan Ikan Mas Musim Hujan

Membuat umpan ikan mas musim hujan bukanlah sesuatu yang sulit, karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita. Beberapa bahan tersebut yaitu pelet ikan mas, keju, kroto, susu bubuk warna putih, telur bebek 4 butir, ubi jalar dua ons, ikan pindang tongkol dua ons, santan kelapa, mie goreng rasa ayam bawang, serta essen nangka.

Cara Membuat Umpan Ikan Mas Musim Hujan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam membuat umpan yaitu dengan membuat tepung dari mie instan. Blender halus mie instan rrasa ayam bawang dengan ditambahkan pelet ikan mas. Jika tepung yang diperoleh masih kurang halus, maka gunakan saringan untuk menyaring tepung. Kukuslah ubi jalar dan ikan tongkol hingga memiliki tekstur yang pas, sementara kelapa parut direbus agar mampu menghasilkan minyak. Setelah dikukus, haluskan ubi jalar dan pisahkan antara tulang dengan daging ikan tongkol, buang pula bagian daging yang hitam. Goreng menggunakan minyak hasil rebusan santan kelapa/kelapa parut, lalu hancurkan. 

Telur bebek yang sudah direbus ambil bagian kuningnya saja. Sedangkan keju cukup untuk diparut. Campurkan tepung mie dan pelet dengan ubi yang telah dihancurkan, aduk merata. Tambahkan tongkol yag sudah dihancurkan, baru tambahkan kuning telur, keju yang sudah halus, serta essen kelapa. Aduk selama beberapa saat agar semua bahan tercampur sempurna. Setelah adonan siap digunakan, tambahkanlah umpan ikan mas musim hujan dengan kroto.