Home » , » Umpan Ikan Mas di Air Keruh Yang Efektif

Umpan Ikan Mas di Air Keruh Yang Efektif


Ikan mas memiliki karakteristik umpan yang berbeda dengan jenis ikan yang lain. Umpan yang digunakan untuk ikan mas lazim disebut “mutih”. Umpan ikan mas di air keruh juga harus dibedakan dengan kondisi air yang jernih. 

Pemahaman yang baik terhadap kondisi perairan, peralatan memancing yang lengkap dan memadai, menguasai teknik memancing, serta pemilihan umpan yang tepat adalah hal yang harus diperhatikan seorang pemancing professional.

umpan ikan mas di air keruh

Bahan Umpan Ikan Mas di Air Keruh 

Memahami lingkungan dan kondisi air tempat memancing adalah hal yang harus anda perhatikan jika tidak ingin waktu anda terbuang sia-sia untuk memancing tana mendapat hasil yang diinginkan. Dalam hal ini, apabila kondisi air tempat memancing ikan mas itu keruh, maka gunakan pula umpan ikan mas di air keruh. Sesuaikan antara umpan dengan kondisi perairan. 

Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk membuat umpan ikan mas di air keruh, diantaranya yaitu tepung beras dan tepung beras ketan masing-masing 8 sendok makan, santan cair kemasan kecil, susu bubuk warna putih 4 sachet, keju ukuran sedang satu potong, serta kroto 4 ons.

Cara Membuat Umpan Ikan Mas di Air Keruh 

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat adonan umpan mas yaitu dengan mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan dalam satu wadah. Tapi sebelum itu, hancurkan terlebih dahulu kejunya agar tercampur rata saat digabungkan dengan bahan yang lain. Untuk santan, tambahkan sedikit demi sedikit agar tidak terlalu encer. Pastikan teksturnya pas. Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan adonan yang sudah jadi tersebut dalam sebuah plastik, bungkus rapat dan kukuslah selama kurang lebih dua puluh menit. Setelah sekitar dua puluh menit, angkat adonan dan buka tali plastik serta diamkan beberapa menit agar adonan menjadi dingin. Semua tahapan selesai, dan umpan ikan mas di air keruh siap digunakan untuk memancing.