Home » , » Umpan Ikan Mas Dari Jagung Topcer

Umpan Ikan Mas Dari Jagung Topcer


Dapat dipastikan bahwa jagung dan ikan mas adalah dua hal yang jauh berbeda, akan tetapi dalam dunia pemancingan, pemancingan ikan mas pada khususnya, jagung dan ikan memiliki keterikatan. Umpan ikan mas dari jagung adalah umpan yang sering digunakan oleh pemancing. Selain proses pembuatannya yang mudah dan harganya yang murah, umpan dari jagung juga dikenal cukup ampuh untuk menarik minat ikan mas untuk memakannya.

umpan ikan mas dari jagung

Membuat Umpan Ikan Mas Dari Jagung

Ada banyak alternatif bahan dari alam yang dapat digunakan untuk menjadi umpan maning ikan mas, mulai dari ubi jalar, belut, hingga menggunkan ikan mas sendiri. Membuat umpan ikan mas dari jagung adalah salah satu yang sering dibuat dan digunakan oleh pemancing. Membuat umpan dari jagung ini membutuhkan tambahan bahan yang lain agar memiliki aroma yang lebih tajam sehingga lebih mampu menarik minat ikan. Beberapa tambahan tersebut yaitu ikan sarden kemasan kaleng satu buah, telur ayam maupun bebek dua butir saja, belut dua ons, ubi jalar ½ kg, pelet udang, serta telur semut rang-rang yang lazim disebut kroto.

Satu hal yang perlu dilakukan dalam memnbuat umpan ikan mas dari jagung yaitu dengan memasak secara terpisah tiap bahan yang disediakan. Ubi jalar dan jagung muda dikukus atau direbus dalam satu wadah sampai teksturnya empuk. Setelah itu, blender hingga halus. Belut juga dikukus, akan tetapi kukuslah secara terpisah dari ubi jalar maupun jagung muda. Belut yang sudah dikukus kemudian dipisahkan dari tulang-tulangnya karena harus dihancurkan untuk kemudian digabungkan dengan campuran ubi jalar dan jagung mada yang telah diblender. Campurkan telur yang sudah dikocok terlebih ddahulu pada adonan, tambahkan pula sarden sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. Apabila adonan sudah tercampur rata, tambahkan pelet dan kembali aduk. 

Adonan umpan ikan mas dari jagung selesai dibuat. Apabila umpan hendak digunakan utuk memancing, lumurilah dengan kroto.