Home » , » Inilah Umpan Ikan Mas Cuaca Hujan

Inilah Umpan Ikan Mas Cuaca Hujan


Memilih umpan ikan mas itu gampang-gampang susah. Nafsu makan ikan mas terkadang berubah-ubah sesuai kondisi cuaca. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai umpan ikan mas cuaca hujan yang semoga dapat menjadi alternatif dalam menghadapi curah hujan.

umpan ikan mas cuaca hujan

Karakteristik makan ikan mas berbeda dengan jenis ikan yang lain. Umpan yang biasa digunakan pemancing untuk memikat ikan mas biasanya disebut sebagai umpan “mutih”. Sebagai pemancing, anda juga harus memperkirakan cuaca, dan kondisi air agar daat memilih umpan yang tepat.

Bahan Umpan Ikan Mas Cuaca Hujan

Ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat umpan ikan mas cuaca hujan. Diantarnya yaitu satu bungkus mie instan rasa ayam bawang, pelet khusus ikan mas, keju, kroto, ikan tongkol, ubi jalar, susu bubuk warna putih, telur bebek, kelapa parut, serta essen rasa nangka.

Cara Membuat Umpan Ikan Mas Cuaca Hujan

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk membuat umpan. Langkah yang pertama yaitu dengan memblender mie instan dan pelet ikan hingga halus. Untuk memperoleh tepung yang benar-benar halus, saringlah hasil blenderan tadi. Dua butir telur bebek direbus sampai matang dan ambil bagian kuningnya saja. Selanjutnya rebus kelapa yang sudah diparut tadi untuk diambil minyaknya. Ikan tongkol dan ubi jalar dikukus terlebih dahulu hingga matang. Pisahkan antara daging tongkol dengan tulang-tulangnya dan dari bagian yang berwarna hitam, goreng menggunakan minyak hasil rebusan santan kelapa tadi lalu dihancurkan sampai cukup halus. Parut keju dan campurkan semua bahan menjadi satu, aduk hingga merata. Terakhir rendam kroto menggunakan air panas dan pisahkan dari semut yang masih menempel. Penggunaan kroto adalah saat umpan akan digunakan untuk memancing. 

Demikian bahan dan proses pembuatan umpan ikan mas cuaca hujan yang dapat anda praktekkan di rumah.